Mengubah Hidup Dengan THE MAGIC OF LIFE

KECERDASAN SPIRITUAL


Kecerdasan spiritual (bahasa inggris : spiritual quotient, disingkat SQ) adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif.
SQ merupakan fasilitas yang membantu seseorang untuk mengatasi persoalan dan berdamai dengan persoalannya itu. Ciri utama dari SQ ini ditunjukkan dengan kesadaran seseorang untuk menggunakan pengalamannya sebagai bentuk penerapan nilai dan makna.
SQ adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan Intellegent Quotient (IQ) dan Emotional Quotient (EQ) secara efektif. Bahkan SQ merupakan kecerdasan tertinggi kita, karena SQ merupakan landasan dan sumber dari kecerdasan yang lain.
Kecerdasan spiritual adalah potensi dari dimensi non-material atau roh manusia. Potensi tersebut seperti intan yang yang belum terasah yang dimiliki oleh semua orang.

Selanjutnya, tugas setiap oranglah untuk mengenali potensi masing-masing sekaligus menggosoknya hingga berkilau dengan tekad yang besar dan menggunakannya untuk memperoleh kebahagiaan abadi. 

Spiritualitas, dalam pengertian yang luas, merupakan hal yang berhubungan dengan spirit. Sesuatu yang spiritual memiliki kebenaran abadi yang berhubungan dengan tujuan hidup manusia, sering dibandingkan dengan sesuatu yang yang bersifat duniawi dan sementara.
Kecerdasan spiritual yang berkembang dengan baik akan ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bersikap fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, mampu menghadapi penderitaan dan rasa sakit, mampu mengambil pelajaran yang berharga dari suatu kegagalan, mampu mewujudkan hidup sesuai dengan visi dan misi, mampu melihat keterkaitan antara berbagai hal, mandiri, serta pada akhirnya membuat seseorang mengerti akan makna hidupnya.

Terdapat 10 kriteria pokok untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang yaitu :
  1. Kesadaran Diri
  2. Spontanitas, termotivasi secara internal
  3. Melihat kehidupan dari visi dan berdasrkan nilai-nilai fundamental
  4. Holistik, melihat sistem dan universalitas
  5. Kasih sayang (rasa berkomunitas, rasa mengikuti aliran kehidupan)
  6. Menghargai keragaman
  7. Mandiri, teguh melawan mayoritas
  8. Mempertanyakan secara mendasar
  9. Menata kembali dalam gambaran besar
  10. Teguh dalam kesulitan
Ada beberapa aspek yang mempengaruhi kecerdasan spiritual seseorang; menyangkut aspek spiritual keagamaan; semakin  harmonis  relasi spiritual keagamaan  kita  kehadirat Tuhan,  semakin  tinggi  pula tingkat dan kualitas kecerdasan spiritual kita; aspek sosial keagamaan; kecerdasan  spiritual harus  direfleksikan  pada  sikap-sikap  sosial  yang menekankan segi kebersamaan dan kesejahteraan sosial. Dan di dalam aspek etika  sosial, semakin  beradab  etika  sosial  manusia semakin berkualitas pula kecerdasan spiritualnya.

Dan seseorang dengan tingkat kecerdasan spiritual yang baik akan menampilkan ciri-ciri sebagai berikut :
  • Flesksibel
  • Memiliki tingkat kesadaran tinggi
  • Mampu menghadapi dan memanfaatkan penderitaan
  • Mampu menghadapi dan mengatasi rasa sakit
  • Hidupnya dengan visi dan nilai-nilai yang jelas
  • Meminimalisir kerugian yang tidak perlu
  • Melihat keterkaitan terhadap berbagai hal
  • Kritis; mengapa dan bagaimana untuk mencari jawaban mendasar
  • Menjadi yang dalam istilah psikologi disebut "bidang mandiri"; memiliki kemudahan untuk bekerja melawan konvensi.

Sekarang, marilah kita masuk ke dalam diri kita masing-masing! Cobalah untuk menyelidiki diri Anda sendiri; apakah Anda memiliki kriteria-kriteria yang saya sebutkan di atas? Apakah Anda memiliki ciri-ciri yang baru saja Anda baca? Jika jawabannya adalah "YA", maka bersyukurlah karena Anda akan jauh lebih mudah untuk menjadi "PEMILIK MUJIZAT" dan keajaiban akan terus mendatangi Anda secara ajaib dan bertubi-tubi!

Semoga Bermanfaat!

Terimakasih atas kesediaan Anda membagikan artikel ini di akun media sosial Anda.

BEST REGARD, and GBU.

Bagikan Artikel Ini Kepada Teman Anda

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+