Mengubah Hidup Dengan THE MAGIC OF LIFE

NO GOAL NO PASSION



Banyak orang kehilangan gairah hidup dan merasa tidak tahu harus berbuat apa. Mengapa? Karena mereka tidak memiliki GOAL (tujuan) yang bisa memotivasi dan menggairahkan hidupnya.

Ada korelasi yang kuat antara motivasi diri, tujuan pribadi dan prestasi.

Untuk mendapatkan motivasi yang benar dan sungguh ingin dicapai, luangkan waktu Anda untuk berpikir tentang tujuan pribadi Anda dan apa yang ingin Anda capai dalam hidup Anda.

Kita semua memiliki keinginan dalam diri kita masing-masing untuk mencapai sesuatu.

Apa yang ingin kita capai, bagaimana pun dapat berubah melalui kehidupan. Di sekolah, misalnya, Anda mungkin ingin mencapai nilai bagus, kemudian Anda mungkin ingin lulus tes mengemudi Anda atau mendapatkan pekerjaan.

Hal ini penting untuk menetapkan sendiri tujuan yang jelas jika Anda ingin mencapai ambisi Anda.

Hubungan antara Motivasi, Tujuan dan Prestasi.

Orang ingin tahu bahwa mereka telah mencapai, atau memiliki kemampuan untuk mencapai sesuatu yang bernilai, makna atau kepentingan.

Umumnya, semakin banyak orang mencapai sesuatu, mereka menjadi semakin percaya diri. Kepercayaan diri meningkat begitu juga kemampuan untuk mencapai lebih.

Sebaliknya, ketika orang gagal untuk mencapai dan memenuhi tujuan mereka, harga diri dan kepercayaan diri mereka bisa melemah, yang mempengaruhi motivasi mereka untuk mencapai lebih.

Hubungan antara motivasi diri, pengaturan tujuan pribadi dan prestasi akan membantu Anda menetapkan tujuan pribadi yang realistis, yang pada gilirannya akan memungkinkan 
Anda untuk mencapai lebih banyak dalam jangka panjang.

Tujuan pribadi dapat memberikan arah jangka panjang dan motivasi jangka pendek.
Tujuan membantu kita untuk fokus pada apa yang kita inginkan atau kemana kita akan mengarahkan kehidupan kita. Tujuan dapat menjadi cara untuk memanfaatkan pengetahuan, mengelola waktu dan sumber daya, sehingga Anda dapat fokus pada membangun potensi hidup Anda.

Dengan menetapkan tujuan pribadi yang jelas, Anda dapat mengukur prestasi Anda dan menjaga kemajuan Anda; jika Anda gagal untuk mencapai pada satu langkah Anda dapat menilai kembali situasi Anda dan mencoba pendekatan baru. Menjaga tujuan hidup Anda dan memperbaruinya seiring dengan perubahan dan perkembangan hidup Anda merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menjaga diri termotivasi sepanjang hidup.

TUJUAN HIDUP

Penting untuk diingat, ketika berpikir tentang apa yang ingin Anda capai dalam hidup Anda, perubahan tidak bisa dihindari.

Keadaan dan prioritas Anda akan mengalami perubahan melalui hidup Anda. Anda mungkin menyadari pada usia 40 bahwa Anda tidak akan pernah menjadi seorang pianis konser - seperti yang telah Anda rencanakan ketika Anda berusia 19. Namun, akan ada hal-hal lain yang dapat Anda capai sebagai gantinya, dan Anda masih dapat terus meningkatkan ketrampilan bermain piano – Anda tetap bisa bermain dan mendapatkan kesenangan dari itu.

Hal berikut Ini mungkin berguna untuk mengkategorikan tujuan hidup :

Tujuan akademik - apa pengetahuan dan atau kualifikasi yang Anda ingin capai?

Tujuan karir - di mana Anda ingin berkarir, apa tingkat yang Anda capai?
Tujuan moneter - apa tujuan Anda untuk mendapatkan titik tertentu dalam hidup Anda?

Tujuan etika - apakah Anda ingin menjadi sukarelawan untuk tujuan baik atau terlibat dalam acara-acara lokal, politik dll?

Tujuan kreatif - bagaimana Anda ingin maju, secara kreatif atau artistik?

Tujuan domestik - bagaimana Anda menginginkan kehidupan rumah tangga Anda di masa depan?

Tujuan fisik - Anda ingin mengembangkan keterampilan Anda dalam olahraga tertentu atau aktivitas fisik lainnya?

Ketika berpikir tentang tujuan hidup Anda, itu adalah ide yang baik untuk membuatnya menjadi menarik. Dasar tujuan hidup Anda terletak pada kekuatan Anda, buatlah agar relevan dengan Anda hingga akhirnya tercapai.

Setelah Anda memikirkan tentang tujuan hidup Anda, Anda dapat mulai untuk merencanakan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Tentukan sendiri tujuan yang lebih kecil untuk masa depan. Dalam sepuluh tahun saya akan ... dalam lima tahun saya akan ... dll. Hal ini saya sebut sebagai “breaking down”.

Contoh :

Jika salah satu tujuan hidup Anda adalah untuk menulis sebuah buku, rencana Anda mungkin:

5 tahun dari sekarang - menerbitkan buku saya
4 tahun dari sekarang - menyelesaikan draft pertama buku saya
3 tahun dari sekarang - menyelesaikan gelar sarjana dalam menulis kreatif
1 tahun dari sekarang - mengembangkan sebuah kerangka untuk buku saya

Bulan depan - berpikir tentang ide-ide dan penelitian alur cerita yang potensial untuk buku saya

Minggu ini - membaca dua buku dan penelitian program universitas potensial.

Meskipun contoh ini adalah garis yang sangat sederhana dari tujuan besar dalam hidup, ini memberikan gambaran bagaimana struktur tujuan besar dan sub-tujuan yang Anda butuhkan untuk mencapainya di sepanjangan perjalanannya.

SMART

Perhatikan hal-hal untuk membuat tujuan dan sub-tujuan Anda sesuai dengan kriteria SMART.

SPESIFIK

Buat setiap tujuan secara spesifik, sehingga Anda tahu persis apa itu.

Luangkan waktu untuk secara jelas mendefinisikan tujuan Anda dan sub-tujuan, lebih detail tentang apa tujuan Anda dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya dengan lebih baik.

MEASURABLE (terukur)

Buat setiap tujuan terukur sehingga Anda bisa mengukur perberkembangannya.

Anda harus dapat mengukur bagaimana Anda berkembang untuk mencapai tujuan Anda. Metrik apa yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kemajuan Anda?

ATTAINABLE

Jangan menetapkan tujuan yang mustahil, pastikan setiap tujuan dan sub-tujuan dapat dicapai.

Tujuan besar mungkin akan nampak tidak mungkin, tetapi jika Anda membaginya ke dalam sub-tujuan yang sederhana maka Anda akan menemukan langkah yang lebih mudah untuk mencapainya.

RELEVAN

Buatlah tujuan yang relevan.

Pastikan sub-tujuan Anda relevan dengan tujuan hidup Anda. Cobalah untuk tidak menetapkan tujuan yang pada akhirnya tidak membantu Anda untuk mencapai tujuan hidup Anda secara keseluruhan.

TIME (Jangka waktu)

Mengatur batas atau tenggat waktu untuk setiap tujuan dan sub-tujuan.

Jika Anda dapat mengatur batas atau tenggat waktu yang realistis maka Anda akan terhindar dari gangguan atau penundaan dan menjaga diri tetap termotivasi.

Mereview/mengulas Tujuan Hidup Anda

Seperti apapun hidup Anda, hanya menetapkan tujuan saja tidaklah cukup.
Anda harus meninjau tujuan Anda secara teratur, mungkin setiap beberapa bulan, dan tentu saja setiap tahun, untuk memastikan bahwa :

Tujuan masih relevan dengan apa yang ingin Anda capai; dan

Anda berada di jalur untuk mencapai tujuan.

Jika tidak, Anda perlu merevisi tujuan Anda, sejalan dengan situasi Anda saat ini.
Tujuan diperlukan untuk memotivasi dan menggairahkan hidup Anda. Tidak masalah jika Anda tidak punya banyak waktu untuk belajar/bermain piano; itu tidak masalah jika Anda tidak melakukan apa-apa terhadap hal itu karena Anda benar-benar tidak peduli tentang hal itu.


JIKA TUJUAN ANDA TIDAK MENGGAIRAHKAN HIDUP ANDA. TINGGALKAN! KEMBANGKANLAH TUJUAN BARU YANG BENAR-BENAR INGIN ANDA CAPAI DALAM HIDUP ANDA.

Semoga bermanfaat dan menjadi berkat. Terimakasih atas kesediaan Anda untuk men-share atau membagikan artikel ini.

Salam Hangat,

Bagikan Artikel Ini Kepada Teman Anda

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+