Mengubah Hidup Dengan THE MAGIC OF LIFE

STRES, GEJALA & PEMICUNYA



Mengatasi stres secara efektif, mengelola stres dan mencari cara untuk mengurangi tingkat yang tidak perlu atau tidak sehat dari stres adalah keterampilan hidup yang penting - keterampilan yang diperlukan oleh semua orang.

Stres, ketegangan dan kecemasan adalah persoalan umum dalam kehidupan modern - kebanyakan orang akan menderita gejala yang berbahaya atau berpotensi menyebabkan stres dan masalah terkait stres di beberapa titik dalam kehidupan mereka.

Halaman ini memberikan pengenalan atau gambaran stres negatif, bersama dengan beberapa penyebab paling umum dari stres dan konsekuensi dari tingkat stres.

Anda mungkin mengalami stres berbagai sumber penyebab termasuk:

Stres pribadi : yang mungkin disebabkan oleh pekerjaan Anda, perubahan dalam hidup Anda atau masalah pribadi.

Stres dalam keluarga atau teman-teman : yang pada gilirannya dapat mempengaruhi Anda.

Stres di rekan Anda : yang juga dapat mempengaruhi Anda.

Stres dapat digambarkan sebagai penderitaan yang dialami sebagai akibat dari tuntutan pada energi fisik atau mental.


Stres bisa timbul sebagai akibat dari beberapa faktor termasuk :

KEGELISAHAN

Kecemasan ini disebabkan ketika peristiwa kehidupan yang dirasakan akan mengancam secara fisik, sosial, mental, dan kesejahteraan. Jumlah kecemasan yang dialami oleh seorang individu tergantung pada :

Seberapa besar peristiwa kehidupan ini dianggap sebagai satu ancaman.
Strategi individu.

Berapa banyak peristiwa stres terjadi dalam waktu singkat.

KETEGANGAN

Ketegangan adalah reaksi alami untuk kecemasan. Ini adalah bagian dari naluri kelangsungan hidup primitif di mana perubahan fisiologis mempersiapkan individu untuk 'melawan atau lari'. Respon simpatik ini, seperti yang dikenal dalam ilmu kimia sebagai adenosine triphosphate (ATP) dalam tubuh yang menyebabkan otot-otot menegang dan siap beraksi.

Pembuluh darah dekat konstruksi kulit, memperlambat pendarahan jika cedera berkelanjutan, dan untuk meningkatkan suplai darah ke otot-otot, jantung, paru-paru dan otak. Pencernaan dihambat, kandung kemih melemah, denyut jantung dan pernapasan meningkatkan kecepatan, keringat tubuh yang berlebihan. Orang yang terkena menjadi lebih waspada, mata mereka membesar dan lonjakan adrenalin menimbulkan peningkatan energi.

Tanggapan ini sangat berguna dalam situasi bahaya fisik tetapi, tidak seperti manusia primitif, banyak kecemasan dari kehidupan modern tidak dapat diselesaikan dengan 'melawan' reaksi atau respon fisik.

Stres di era modern sekarang ini cenderung berlangsung untuk jangka waktu yang lebih lama, dan tanggapan langsung tidak meredakan situasi kecemasan. Oleh karena itu, kecemasan yang berkepanjangan dapat menyebabkan gejala stres yang mencegah individu kembali ke keadaan normal, keadaan santai nya. Stres berkepanjangan dapat merusak kesehatan dan kesejahteraan.

TANDA-TANDA FISIK STRES

Selain merasa tidak nyaman, tegang dan khawatir, sensasi fisik dari stres terus dapat mencakup :

Palpitasi
Pusing
Gangguan pencernaan atau mules
Ketegangan sakit kepala
Otot sakit
Gemetar atau mata berkedut
Diare
Sering buang air kecil
Insomnia
Kelelahan
Ketidakmampuan

Orang sering tidak menyadari bahwa mereka menderita stres dan mengunjungi dokter dengan gejala gangguan pencernaan, nyeri otot, sakit kepala, dll. Stres berat dapat menyebabkan serangan panik, sakit dada, fobia dan ketakutan menjadi sakit parah.

Stres terus dapat menyebabkan perasaan lesu dan kelelahan, migrain, sakit perut, marah, dan sulit tidur. Seperti dengan semua gejala tersebut, Anda harus mencari bantuan dan nasihat dari profesional perawatan kesehatan. Setelah gejala diakui disebabkan oleh stres, ambillah kemungkinan untuk mengendalikan dan mengurangi tingkat stres. Hal ini dapat dilakukan dengan teknik pengurangan stres yang dapat Anda pelajari nanti.

Stres-Mendorong Situasi

Setiap orang memiliki kapasitas berbeda dalam menghadapi stress. Setiap individu memiliki berbagai peristiwa atau situasi yang sangat menegangkan bagi mereka, kebanyakan orang akan setuju bahwa peristiwa besar seperti kehilangan pekerjaan, perceraian atau masalah keuangan akan membuat stress bagi siapa saja.

Banyak stres terberat di dalam hidup seseorang datang sebagai akibat dari perubahan yang tidak direncanakan.

Daftar berikut ini disusun dari jawaban yang diberikan oleh sejumlah besar responden mengenai bagaimana sulitnya untuk menyesuaikan diri kembali, mengubah hidup melalui peristiwa yang berbeda. Skor yang tinggi menunjukkan bahwa orang merasa sulit untuk menyesuaikan diri dengan peristiwa itu, yang pada gilirannya menunjukkan faktor stres yang tinggi.

Kematian dari pasangan atau Partner, skor-100
Perceraian, skor-73
Pisah Ranjang, skor-65
Kematian Anggota Keluarga, skor-63
Cedera atau Penyakit, skor-53
Pernikahan, skor-50
Kehilangan Kerja, skor-47
Perkawinan yang Rujuk, skor-45
Pensiun, skor-45
Perubahan Kesehatan Anggota Keluarga, skor-44
Kehamilan, skor-40
Masalah Seksual, skor-39
Selain dari Anggota Baru Keluarga, skor-39
Kematian Teman, skor-37
Perubahan Jenis Kerja, skor-36
Mengambil sebuah Mortgage Besar, skor-31
Perubahan Tanggung Jawab di Tempat Kerja, skor-29
Anak-anak Meninggalkan Rumah, skor-29
Pasangan Mulai atau Berhenti Kerja, skor-26
Mulai atau Meninggalkan Sekolah, skor-26
Masalah dengan Boss, skor-23
Pindah Tempat Tinggal, skor-20
Mengambil Pinjaman, skor-17
Perubahan Kebiasaan Makan, skor-15
Liburan, skor-13
Natal, skor-12
Pelanggaran Ringan Terhadap Undang-uandang, skor-11

Perubahan hidup dapat memiliki efek langsung pada kesehatan, baik atau buruk. Orang-orang yang memiliki 'perubahan skor' dari 200-300, memiliki masalah kesehatan di tahun berikutnya. Dari mereka dengan skor lebih dari 300, 79% menjadi sakit pada tahun berikutnya. Perubahan yang paling menegangkan adalah kematian pasangan. Duda memiliki tingkat kematian 40% lebih tinggi dari normal dan memiliki tingkat resiko yang tinggi untuk penyakit dan depresi.

Tidak hanya peristiwa tidak menyenangkan yang bisa menyebabkan stress. Hampir setiap perubahan dalam keadaan dapat menyebabkan stres. Jika memungkinkan, adalah bijaksana untuk tidak memiliki terlalu banyak perubahan dalam hidup pada waktu yang sama.

Selain stres yang disebabkan oleh perubahan peristiwa, situasi tertentu dapat menyebabkan orang merasa stres; meskipun seperti yang disebutkan sebelumnya tingkat stres akan tergantung, antara lain, strategi masing-masing individu.

Lingkungan dapat membuat kita stres: misalnya, kebisingan, orang banyak, pencahayaan yang buruk, polusi atau faktor eksternal lainnya di mana kita tidak memiliki kontrol dapat menyebabkan kita merasa cemas dan mudah tersinggung.

Menyesuaikan diri dengan kehidupan modern-hari juga dapat menjadi sumber stres. Kita sekarang berkomunikasi dengan orang-orang dalam berbagai cara, misalnya melalui internet, ponsel, dan berbagai media penyiaran, dan harapan dari respon yang cepat meningkat.

Bagi banyak orang, program pelatihan pribadi manajemen stres, difokuskan pada pencegahan stres merupakan bagian penting dari kehidupan modern.

Semoga Tuhan memberkati kita semua dengan artikel-artikel berikutnya mengenai Apa dan Bagaimana Mengelola Stres.

Terimakasih atas kesediaan Anda men-share/bagikan artikel ini.

Salam dan Doa, semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini Kepada Teman Anda

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+