Mengubah Hidup Dengan THE MAGIC OF LIFE

CARA MEMULAI BISNIS ONLINE UNTUK PEMULA


Bagaimana Cara bisnis online untuk pemula agar bisa meraih sukses di Internet seperti para Pebisnis Online lainnya?
Dengan semakin majunya dunia teknologi yang ada sekarang ini khususnya dalam bidang internet, tampaknya hal tersebut membuat internet menjadi sebuah dunia virtual yang mampu mewujudkan suatu jalan dengan lebih praktis dan lebih mudah khususnya bagi mereka yang masih dalam tahap pemula.
Ketika seseorang masih dalam tahap pemula dalam masalah bisnis, maka satu hal yang seringkali menjadi kekhawatiran adalah tentang tingkat keberhasilan bisnis yang akan dijalankan dan juga tentang bisnis apa yang nantinya akan dijalankan.
Sebenarnya hal tersebut merupakan sebuah hal yang wajar yang terjadi, karena memang para pemula yang terjun di dunia bisnis baik secara online maupun offline pasti akan ada ketakutan apakah bisnis yang nanti akan dijalankan tersebut akan berhasil atau tidak.
Satu hal yang pasti jika kekhawatiran tersebut dipelihara dan semakin besar, maka tak heran jika pada akhirnya nanti, kekhawatiran tersebut justru hanya akan menjadi batu sandungan untuk dapat maju ke arah yang lebih baik.
Penting bagi para pemula untuk terlebih dahulu menggali berbagai informasi mengenai cara bisnis online untuk pemula.
Lalu apa saja, cara yang dapat dilakukan untuk anda para pemula? Meski sekarang ini pelaku bisnis online semakin banyak, namun jangan kemudian membuat anda untuk menghentikan niat memulai bisnis online ini. Karena siapa tahu jika ternyata bisnis online ini ternyata adalah sebuah jalan untuk anda meraup banyak rejeki.

Untuk anda yang berkeinginan memulai bisnis online, beberapa cara berikut ini layak dicermati untuk diikuti :
1. Cari informasi tentang ragam bisnis online.
Tampaknya dengan semakin banyaknya orang yang melakukan bisnis online ini, membuat ragam jenis bisnis online menjadi sangat banyak. Sehingga, untuk anda yang berencana memulai bisnis online dan masih dalam tahap awal sangat disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang jenis-jenis bisnis online apa saja yang ada sekarang ini.
Mulai dari jenis bisnis online yang berjualan produk, menawarkan jasa, dan lain sebagainya. Beberapa jenis bisnis online yang sekarang ini sedang banyak berkembang diantaranya yaitu menjual produk, affiliasi, reseller, jasa pengetikan artikel, jasa pembuatan web dan lain sebagainya.
2. Tentukan jenis bisnis online apa yang akan dijalankan
Setelah mengetahui beberapa ragam jenis bisnis online dan menggali informasinya secara mendalam, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan memutuskan kira-kira bisnis apa yang akan anda jalankan.
Salah satu dasar pengambilan keputusan untuk memilih jenis bisnis tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan dan juga kemauan. Kalaupun anda mau namun tidak mampu hal tersebut malah akan menjadi penghambat nantinya, dan sebaliknya meskipun Anda mampu namun jika Anda tidak menginginkannya hal tersebut juga tidak akan baik untuk kelanjutan bisnis online yang Anda jalankan nantinya.
Dan selanjutnya setelah memilih jenis bisnis online apa yang akan dijalankan, langkah berikutnya adalah mempersiapkan segala sesuatu lebih jauh lagi, misalnya Anda memutuskan untuk berjualan produk secara online, maka anda harus memutuskan barang apa yang akan dijual, jika memutuskan untuk menawarkan jasa online maka jenis jasa apa yang akan dijalankan.
3. Membuat tempat jualan online
Cara bisnis online untuk pemula yang selanjutnya yang sangat penting dilakukan setelah menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan adalah mempersiapkan lapaknya atau tempat jualannya.
Jika dalam bisnis offline seringkali kita menyebutkan toko, maka untuk bisnis online ini juga disebut sebagai toko. Namun tentunya, toko online dan toko offline memiliki bentuk yang berbeda.
Jika dalam jenis bisnis offline, toko yang dimaksud di sini adalah sebuah ruangan, maka untuk bisnis online ini bisa berwujud toko online, berbentuk website atau sebuah situs tertentu sebagai salah satu wadah dalam bertransaksi.
Sama halnya dengan toko offline, toko online juga membutuhkan suatu persiapan yang matang. Anda juga harus mendesain tempat jualan online anda layaknya toko offline.
Jika bisnis online yang anda jalankan adalah bisnis jual beli produk, maka anda juga harus membuat sebuah produk yang mampu menarik perhatian konsumen, sehingga tempat jualan, tampilan barang dagangan, keterangan barang yang dijual, harga yang ditawarkan juga harus menarik dan didesain sedemikian rupa sehingga nantinya akan membuat banyak orang tertarik.
Jikalau bisnis online yang anda jalankan adalah jenis penawaran jasa, maka Anda pun harus mampu menampilkan tampilan “ruang” jasa penawaran yang baik, mulai dari layanan konsultasi, absen dan lain sebagainya.
4. Mempromosikan “barang“ dagangan
Cara selanjutnya yang juga harus diperhatikan bagi pelaku bisnis online yang masih pemula adalah mempromosikan barang dagangan baik itu berupa produk maupun jasa. Sama seperti saat berbisnis offline, maka promosi untuk bisnis online ini juga harus menarik.
Hanya saja keuntungan dari berpromosi dalam bisnis online ini tentu saja adalah lebih murah, efektif dan efisien. Namun, lagi-lagi kelebihan yang dimiliki oleh bisnis online ini dapat anda rasakan jika anda memang benar-benar bisa menciptakan suatu promosi yang mampu menarik perhatian.
Untuk mampu menunjukkan suatu promosi yang menarik segala hal tentang barang produk dan jasa milik anda haruslah menarik, unik dan terlihat beda dengan lawan bisnis Anda di dunia bisnis online.
Jika anda mau mengeluarkan sedikit modal yang lebih banyak, anda bisa memanfaatkan jasa SEO untuk membuat toko atau halaman web anda menjadi nomor satu di mesin pencari.
5. Perlakukan bisnis online layaknya bisnis offline.
Cara bisnis online untuk pemula yang sering kali diabaikan oleh banyak pelaku bisnis online adalah perlakuan. Dimana karena menganggap bahwa bisnis online itu hanya berada di dunia virtual maka mereka seringkali meremehkannya.
Padahal, bisnis online ini sebenarnya harus diperlakukan layaknya bisnis offline. Saat memiliki sebuah toko online, Anda juga harus rajin mengunjungi toko online, selain itu jam buka dan jam tutup toko anda juga harus pasti layaknya anda membuka toko di rumah.
Jangan karena, bisnis toko yang anda buka adalah toko online, maka anda membukanya atau mengunjunginya jarang-jarang dan sesempatnya. Jika hal ini Anda lakukan, saat ada konsumen datang dan bertanya tentang barang dagangan yang anda jual, yang terjadi selanjutnya adalah slow respon. Sehingga, tak heran jika para calon konsumen pun menjadi berpindah ke toko lainnya.
Beberapa cara yang disampaikan di atas bisa berjalan secara sempurna jika Anda melakukannya dengan sabar dan tekun. Tidak ada satu pun di dunia ini bisnis yang langsung menuai kesuksesan, selalu melalui proses dan kerja keras.
Salah satu kunci kesuksesan yang menjadi salah patokan dalam berbisnis online adalah sabar, tekun dan tidak pantang menyerah. 
Semoga Bermanfaat! Share yaaa...!!

Bagikan Artikel Ini Kepada Teman Anda

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+


EmoticonEmoticon