Mengubah Hidup Dengan THE MAGIC OF LIFE

Hari 15 : MENYEMBUHKAN RELASI SECARA AJAIB


Jika Anda memiliki hubungan yang rusak, berantakan, kacau, patah hati, dendam, atau pun menyalahkan orang lain, Anda bisa mengubahnya dengan syukur. Apakah itu suami atau istri, saudara, anak-anak, pacar, bos, rekan bisnis, orang tua, teman, tetanggga, atau siapa saja. Syukur akan secara ajaib memperbaiki hubungan yang rusak.

Ketika Anda marah, dendam, menyalahkan orang lain, kita sama sekali tidak bersyukur atas orang itu. Dan itu akan semakin memperburuk keadaan hidup Anda. Perasaan buruk terhadap orang lain akan membakar hidup Anda, tetapi syukur akan menghapusnya.

"Memelihara kemarahan itu seperti menggengam orang panas dengan niat melemparnya kepada orang lain; engkaulah yang akan terbakar."
SIDHARTA GAUTAMA (-/+ 563-483 SM) PEMBAWA AJARAN BUDHA

Misalnya, kalau Anda mempunyai mantan pasangan yang terkait dengan Anda melalui anak-anak Anda, dan hubungannya tidak baik, pandanglah wajah anak-anak Anda dan sadari bahwa mereka tidak akan lahir di dunia tanpa mantan pasangan Anda.

Atau jikalau Anda mengalami patah hati, gunakan daya ajaib syukur untuk mengubah kepedihan Anda menjadi kesembuhan dan kebahagiaan dengan lebih cepat dari apa pun. Kisah orang tua saya menjadi contoh sempurna dalam hal ini.

Ibu dan ayah saya saling jatuh cinta pada pandangan pertama. Sejak mereka bertemu, mereka sungguh-sungguh bersyukur atas kebersamaan mereka, dan mereka memiliki pernikahan terindah yang pernah saya saksikan.

Ketika ayah meninggal, sangatlah dimengerti bila ibu sangat berduka. Berbulan-bulan ia menderita, ia mulai menggunakan daya ajaib syukur, dan terlepas dari duka dan kepedihannya yang begitu teramat sangat, ia mencari hal-hal yang bisa disyukuri. Mulai dari masa lalu, dan ia mengingat semua saat bahagia yang indah yang telah dirasakannya selama puluhan tahun bersama ayah. Ia mengambil langkah besar berikutnya dengan mencari hal-hal yang bisa disyukuri di masa depan. Satu per satu ia temukan. Ia menemukan hal-hal yang selalu ingin dilakukannya tetapi tidak sempat melakukannya ketika ayah masih hidup. Dan dengan langkah syukur yang begitu mendalam dan berani, peluang-peluang untuk memenuhi impiannya muncul secara ajaib. Hidupnya menjadi kaya dengan kebahagiaan lagi. Daya ajaib syukur telah memberi hidup baru bagi ibu saya.

Latihan hari ini, Anda harus mencari arang panas yang membakar hidup Anda, dan mengubahnya menjadi emas melalui syukur! Pilih satu relasi yang paling sulit, atau sudah putus yang ingin Anda perbaiki. Entah orangnya masih ada dalam kehidupan Anda sekarang ini atau itu hubungan masa lalu dan orangnya sudah tidak ada lagi.

Duduk dan tulislah sepuluh hal yang Anda syukuri dari orang itu. Ingat kembali sejarah sebelum relasi itu rusak. Jika kebetulan tidak pernah bagus, pikirkanlah kualitas yang baik dari orang itu. Kualitas ini pasti ada.

Latihan ini bukan siapa yang benar atau salah. Terlepas dari apa yang pernah diperbuat orang itu terhadap Anda, terlepas dari apa yang pernah dikatakannya, Anda dapat dengan ajaib menyembuhkan relasi, dan itu tidak memerlukan orang lain itu. Ya... hanya Anda.

Ada emas di dalam setiap relasi, bahkan relasi yang sulit dan rusak sekali pun. Untuk mendatangkan kekayaan ke semua relasi Anda dan hidup Anda, temukan emas itu! Saat Anda menggali dan menemukan bongkah emas, tuliskanlah, sapa orang itu dengan namanya, dan ungkapkanlah kalimat Anda dalam syukur seperti ini :

....NAMA.........., aku bersyukur atas, ..........APA?..............................

Misalnya sebagai contoh saja :
  1. Irsan, aku bersyukur atas kebersamaan kita. Meski pernikahan kita sudah berakhir, aku banyak belajar dan sekarang ini aku lebih bijaksana, dan aku menggunakan apa yang telah aku pelajari dari pernikahan kita di banyak relasiku sekarang ini.
  2. Irsan, aku bersyukur atas segala sesuatu yang telah kamu lakukan untuk memperbaiki pernikahan kita, karena dengan pernikahan selama 12 tahun berarti kamu memang sudah mencoba.
  3. Irsan, aku berterimakasih kepadamu atas anak-anak kita. Kebahagiaan yang aku terima dari mereka setiap hari tidak akan terjadi tanpa dirimu.
  4. Irsan, aku berterimakasih kepadamu atas kerja keras dan jam kerja yang panjang yang kamu berikan untuk mendukung keluarga kita sementara aku di rumah, mengasuh anak-anak kita. Adalah tanggung jawab besar untuk menanggung kami semua, jadi, terima kasih.
  5. Irsan, aku berterimakasih atas saat-saat berharga yang kumiliki bersama anak-anak saat mereka tumbuh. Aku bisa melihat anak-anak kita bicara dan berjalan untuk pertama kalinya, dan aku tahu kamu tidak mempunyai peluang itu.
  6. Irsan, aku bersyukur atas dukunganmu ketika aku mengalami saat duka dan kehilangan yang sulit.
  7. Irsan, aku bersyukur atas saat-saat aku sakit, dan kamu melakukan yang terbaik untuk merawatku dan anak-anak.
  8. Irsan, aku bersyukur atas saat-saat hebat yang pernah kita miliki, dan kita memiliku banyak saat seperti itu.
  9. Irsan, aku bersyukur karena kamu ingin melanjutkan menjadi ayah dari anak-anak kita.
  10. Irsan, aku bersyukur atas dukunganmu dan waktu yang ingin kamu berikan untuk anak-anak. Aku tahu mereka sangat berarti bagimu seperti juga bagiku.
Saat Anda menyelesaikan sepuluh daftar ini, Anda akan merasa jauh lebih baik tentang orang ini. Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah di mana Anda tidak lagi memiliki perasaan buruk terhadap orang itu. Karena hidup Andalah yang terlukai oleh perasaan-perasaan itu. Setiap relasi itu berbeda, dan jika perlu Anda bisa mengulangi latihan ini hingga Anda benar-benar mencapai titik di mana Anda tidak lagi memiliki perasaaan buruk terhadap orang itu.

Di waktu mendatang, ketika Anda mengalami suatu relasi yang sulit, ingatlah untuk menggunakan latihan ajaib ini. Anda akan menghentikan kesulitan sebelum membesar dan Anda justru meningkatkan keajaiban di dalam relasi itu.


RINGKASAN LATIHAN KE 15 :
  1. Menghitung Karunia : Ulangi langkah satu sampai tiga dari Latihan Ajaib 1 - Menghitung Karunia; Buat daftar dari sepuluh karunia Anda. Tulis mengapa Anda bersyukur atas karunia itu. Baca ulang daftar Anda, dan di akhir karunia ucapkan terimakasih terimakasih terimakasih, dan rasakan syukur sedalam mungkin atas karunia itu.
  2. Pilih satu relasi yang sulit, bermasalah, atau rusak, putus, yang ingin Anda perbaiki.
  3. Duduk dan tulislah sepuluh hal yang Anda syukuri dari orang itu. Ingat kembali sejarah sebelum relasi itu rusak. Jika kebetulan tidak pernah bagus, pikirkanlah kualitas yang baik dari orang itu. Dengan menuliskannya seperti ini ....NAMA.........., aku bersyukur atas, ..........APA?..............................
  4. Sebelum tidur malam ini, genggamlah Batu Ajaib di tangan, dan ucapkan terima kasih, atas hal terbaik yang terjadi sepanjang hari ini.

Latihan Selanjutnya Hari 16 :  
KEAJAIBAN & MUKJIZAT DALAM KESEHATAN