Mengubah Hidup Dengan THE MAGIC OF LIFE

Hari 7 : KELUAR DARI NEGATIVITAS


"Seseorang yang bersyukur akan bersyukur dalam situasi apa pun."
- Baha'u'llah (1817 - 1892) Pendiri Kepercayaan Baha'i' Persia -

Tidak bersyukur, sama artinya menyepelekan, akan menghasilkan keluhan, pikiran dan kata-kata negatif. Berhati-hatilah karena menurut hukum tarik menarik hal ini akan menarik lebih banyak hal yang Anda keluhkan. Apa pun hal yang Anda keluhkan; kesehatan, pekerjaan, keuangan, relasi, cuaca, lalu lintas, keluarga, teman, layanan umum, dan sebagainya. Ketahuilah bahwa keluhan, pikiran dan kata-kata negatif, serta menyepelekan akan menghentikan hal-hal baik datang menghampiri hidup Anda. Sekarang Anda mengerti bahwa ketika sesuatu menjadi tidak beres, berarti Anda tidak cukup bersyukur meski tidak sengaja.

Mustahil menjadi negatif ketika kita bersyukur. Mustahil mengkritik dan menyalahkan ketika kita bersyukur. Mustahil merasa sedih atau memiliki perasaan negatif ketika kita bersyukur. Dan kabar baiknya adalah jika kita memiliki situasi negatif dalam hidup kita saat ini, tidak diperlukan waktu yang lama untuk mengubahnya dengan syukur. Situasi negatif akan menghilang dalam satu tiupan - persis seperti sulap!

Apa pun situasi negatif Anda saat ini, Anda akan selalu bisa menemukan sesuatu untuk disyukuri, terutama ketika kita tahu bahwa syukur akan dengan ajaib mengubah setiap situasi negatif.

Walt Disney dalam filmnya Pollyanna produksi tahun 1960 dengan jelas menunjukkan hal itu melalui "Permainan Gembira", yang berdampak besar. Walt Disney menunjukkan daya ajaib syukur dalam Pollyanna, dan ribuan tahun sebelumnya Budha telah menunjukkan cara menggunakan daya ajaib ketika ia berkata:


"Marilah kita bangun dan bersyukur, karena jika kita tidak banyak belajar pada hari ini, setidak-tidaknya kita belajar sedikit, dan jika kita tidak belajar sedikit, setidak-tidaknya kita tidak sakit, dan jika kita menjadi sakit, setidak-tidaknya kita tidak mati; jadi marilah kita bersyukur." Sidharta Gautama (563 - 483 SM) Pembawa Ajaran Agama Budha

Di tengah situasi negatif Anda hari ini, ambil satu masalah atau situasi negatif di dalam hidup Anda yang paling ingin Anda selesaikan, dan cari SEPULUH hal yang Anda syukuri. Sulit memang... tapi buatlah daftar tertulis dari sepuluh hal tadi di jurnal syukur Anda.

Sebagai contoh, mungkin masalah Anda adalah tidak punya pekerjaan, dan meski sudah berusaha keras, tapi Anda masih menganggur. Lakukan latihan syukur yang terkonsentrasi pada situasi ini. Berikut adalah contoh yang bisa Anda katakan: 
  1. Saat ini, aku sangat bersyukur memiliki lebih banyak waktu bersama keluargaku.
  2. Aku bersyukur karena hidupku jauh lebih teratur karena waktu yang kumiliki.
  3. Aku bersyukur karena telah punya pekerjaan di sebagian besar hidupku, dan aku berpengalaman.
  4. Aku sungguh bersyukur karena inilah pertama kalinya aku menganggur.
  5. Aku bersyukur karena ada banyak pekerjaan di luar sana, dan semakin banyak pekerjaan baru yang akan muncul setiap hari.
  6. Aku bersyukur atas semua hal yang telah kupelajari saat melamar pekerjaan dan menjalani wawancara.
  7. Aku bersyukur aku sehat dan bisa bekerja.
  8. Aku bersyukur atas dorongan dan dukungan keluargaku.
  9. Aku bersyukur atas istirahat yang kumiliki, karena aku memerlukannya.
  10. Aku bersyukur karena dengan kehilangan pekerjaan, aku menyadari betapa besar artinya memliki pekerjaan. Aku belum pernah menyadari itu sampai sekarang.
Rasa syukur yang berasal dari seseorang yang sedang menganggur akan menarik keadaan yang berbeda, dan situasinya saat ini akan berubah secara ajaib. Kekuatan syukur lebih besar daripada situasi negatif apapun, dan tak terbilang jumlah cara yang akan mengubah situasi negatif ini. Anda hanya harus lakukan adalah bersyukur dan bersyukur, dan perhatikan Keajaiban terjadi!

Anda bisa tahu bahwa syukur sedang bekerja melalui cara Anda merasa. Setelah mempraktekkan syukur, seharusnya Anda merasa jauh lebih baik tentang situasi Anda. Perasaan Anda terangkat, ketika Anda merasa lebih baik, Anda harus tahu bahwa situasi akan membaik dan jalan keluar akan muncul. Jawaban untuk apapun situasi negatif yang ingin Anda selesaikan adalah memfokuskan syukur pada situasi itu sampai Anda merasa lebih baik di dalam diri; lalu Anda akan melihat keajaiban terjadi di dunia luar.

Pastikan Anda membuat daftar tertulis ini dengan cara berikut :

Aku sangat bersyukur atas......................................
Atau Aku sungguh-sungguh bersyukur atas................................

Akhiri kalimat dengan apa yang Anda syukuri.

Anda bisa juga menggunakan cara Walt Disney dalam Pollyanna jika itu terasa lebih mudah bagi Anda yaitu :

Aku sangat gembira karena...........................................

Akhiri kalimat dengan apa yang Anda rasakan gembira.

Setelah menulis sepuluh hal yang Anda syukuri, akhiri latihan Cara Ajaib Keluar dari Negativitas dengan menulis; terimakasih terimakasih terimakasih atas penyelesaian yang sempurna ini.

Cobalah untuk hari ini saja, apakah Anda bisa melewati hari tanpa mengatakan sesuatu yang negatif. Mungkin akan sulit, tapi cobalah apakah Anda bisa melakukannya untuk satu hari ini saja. Cobalah..... dan berikut adalah pertolongan ajaib yang bisa digunakan jika Anda mendapati diri Anda berpikir atau mengucapkan sesuatu yang negatif. Berhenti, dan katakan :

Tetapi aku harus mengatakan bahwa aku sungguh-sungguh bersyukur atas................

Selesaikan kalimat itu dengan sesuatu apa pun yang Anda syukuri. Bawalah selalu pertolongan Anda ini, dan gunakan manakala Anda memerlukannya.

Dan jika ada masalah atau situasi kecil yang muncul di tengah masa depan, ingatlah untuk memadamkan bara dengan syukur sebelum ia membesar menjadi api. Pada saat yang sama, Anda akan menyalakan keajaiban di dalam hidup Anda!


Ringkasan Latihan Hari ke 7 :
  1. Ulangi langkah satu sampai tiga dari Latihan Ajaib 1 - Menghitung Karunia; Buat daftar dari sepuluh karunia Anda. Tulis mengapa Anda bersyukur atas karunia itu. Baca ulang daftar Anda, dan di akhir karunia ucapkan terimakasih terimakasih terimakasih, dan rasakan syukur sedalam mungkin atas karunia itu.
  2. Pilih satu masalah atau situasi negatif dalam hidup Anda yang paling Anda ingin untuk selesaikan.
  3. Tulis SEPULUH hal yang Anda syukuri dan situasi negatif itu.
  4. Di akhir daftar, tulislah : Terimakasih Terimakasih Terimakasih atas penyelesaian yang sempurna ini.
  5. Cobalah untuk hari ini saja, apakah Anda bisa melewati hari tanpa mengatakan sesuatu yang negatif. Mungkin akan sulit, tapi cobalah apakah Anda bisa melakukannya untuk satu hari ini saja. Cobalah..... dan berikut adalah pertolongan ajaib yang bisa digunakan jika Anda mendapati diri Anda berpikir atau mengucapkan sesuatu yang negatif. Berhenti, dan katakan : Tetapi aku harus mengatakan bahwa aku sungguh-sungguh bersyukur atas................
  6. Sebelum tidur malam ini, genggamlah Batu Ajaib di tangan, dan ucapkan kata ajaib terimakasih terimakasih terimakasih atas hal terbaik yang terjadi hari ini.

Latihan selanjutnya Hari ke 8 : BAHAN PANGAN YANG AJAIB